Usaha Kentang Ulir

Kentang goreng menjadi makanan atau jajanan yang disukai semua kalangan terutama oleh anak anak. Rasanya yang khas membuat sebuah peluang diciptakan. Peluang tersebut adalah usaha kentang ulir yang merupakan variasi dari penjualan kentang goreng yang sudah ada di pasaran. Kentang goreng stick atau ulir diolah dengan menggunakan penggorengan minyak yang jumlahnya yang banyak, akan tetapi sebelumnya dilakukan pengupasan dan pemotongan kentang yang memanjang sehingga menghasilkan kentang yang memanjang dengan bagian dalam yang masih empuk sedangkan bagian luar sudah garing dan kriuk.

Usaha Kentang Ulir untuk Variasi Kentang Goreng

usaha kentang ulirUsaha kentang ulir merupakan usaha dalam bidang kentang goreng yang memiliki tekstur yang gurih seperti keripik kentang pada umumnya. Yang menjadikan produk ini berbeda adalah cara penyajiannya yang tidak ada sebelumnya. Kentang sebelum digoreng dalam minyak panas, dibersihkan terlebih dahulu lalu digoreng dengan kulitnya sekaligus. Setelah itu baru dikupas menggunakan alat kentang ulir yang menggunakan alat tusuk seperti tusukan sate sehingga pada akhirnya akan ada kentang dengan bentuk spiral yang bisa langsung dilumuri oleh tepung dan berbagai jenis saus. Anak anak biasanya menggunakan saus tomat, sedangkan untuk dewasa menggunakan sambal.

Kentang spiral biasa disebut juga sebagai kentang tornado karena bentuknya memiliki kemiripan dengan tornado yang meliuk liuk.  Perlu diketahui bahwa bahan dasar dari bisnis ini adalah kentang dan aneka rasa yang bisa dipilih oleh pembeli sesuka hati. Bisnis ini masih terbuka dengan lebar untuk para pencari lapangan pekerjaan, karena pengusaha pemula dalam bidang ini bisa menjual kentang ulir di tempat yang belum ada sebelumnya sehingga akan menghasilkan keuntungan yang cukup banyak dibandingkan dengan di tempat yang sudah ada penjual yang seperti itu. Rasa yang beragam membuat para pembeli pun ingin merasakan semua rasanya.

Jika tertarik untuk bergabung dan memulai bisnis usaha kentang ulir maka bisa langsung menghubungi pemilik franchise dan langsung mendaftarkan diri sebagai mitra. Semua peralatan akan dikirimkan termasuk juga dengan bahan baku sehingga pengusaha hanya tinggal melakukan bisnis dan memulai usaha tersebut. Untuk biasa franchise, adalah gratis dan royalty pun gratis. Jika ada bagi hasil keuntungan maka di dalam usaha ini tidak ada bagi hasil.

Sedikit informasi bahwa kentang spiral berasal dari negeri gingseng atau korea selatan dimana makanan tersebut sering dijumpai dijual di kaki lima atau di jalanan sebagai makanan ringan. Kentang diiris menjadi tipis dan saling menyambung tanpa ada yang terputus menggunakan tusukan bambu. Kemudian kentang digoreng di olesi oleh berbagai jenis rasa dan saus sesuai dengan keinginan. Sedangkan di Indonesia , penyajian dan cara pengolahannya berbeda, akan tetapi masih saja bisa disebut sebagai usaha kentang ulir yang memiliki nilai rasa yang tinggi.