Usaha Kentang Ulir Modal Kecil Untung Besar

Walaupun merupakan makanan pokok di beberapa negara, di tanah air kentang lebih populer sebagai bahan baku pembuatan snack atau salah satu bahan dalam hidangan. Penganan dari kentang yang tergolong baru diperkenalkan tetapi sukses merebut hati para pencinta kuliner adalah kentang ulir atau ada pula yang menyebutnya kentang spiral. Cemilah ini dapat dikatakan sebagai snack sehat mengingat bahan bakunya yang kaya karbohidrat sehingga bisa menjadi pasokan energi bagi mereka yang menyantapnya. Karena banyak disukai, tak heran bila usaha kentang ulir juga cukup menjamur di berbagai kota di Indonesia.

Tentang usaha kentang ulir

usaha kentang ulirMengapa kentang ulir disukai? Beberapa tahun terakhir ini selera para pecinta kuliner memang terfokus pada jajanan atau minuman dengan tampilan dan citarasa unik, termasuk kentang ulir. Bagi Anda yang belum pernah melihat atau mencicipi snack yang satu ini, kentang ulir mempunyai citarasa yang sama dengan kentang goreng atau french fries yang juga sering disantap dengan saus aneka rasa atau mayonaise. Yang menarik dari penganan yang satu ini adalah tampilannya yang menyerupai spiral karena kentang dipotong dengan alat khusus. Setelah itu kentang ditusukkan pada lidi panjang dan digoreng hingga garing.

Penganan ini banyak disukai terutama oleh anak-anak dan remaja sehingga usaha kentang ulir berprospek sangat cerah bila ditekuni dengan serius. Inilah alasan mengapa kentang ulir banyak diminati:

  1. Citarasanya enak, gurih, dan crispy terutama bagi mereka yang hobby menyantap kentang goreng. Apalagi tambahan saus dengan beragam rasa yang menambah kelezatan ketang ulir.
  2. Bentuknya unik sehingga dapat menarik minat masyarakat yang penasaran untuk mencicipinya.
  3. Dapat disantap kapan saja misalnya saat kelaparan sebelum waktu bersantap tiba. Kandungan karbohidrat pada kentang bisa membantu mengganjal perut Anda.
  4. Harganya sangat terjangkau sehingga bisa menyasar konsumen dari seluruh kelas masyarakat.

Bila tertarik untuk merintis usaha kentang ulir ini, beberapa peralatan yang harus Anda sediakan adalah:

  • Twist potato slicer atau peralatan untuk mengiris kentang sehingga dapat berbentuk spiral.
  • Deep fryer atau wajan yang dipergunakan untuk menggoreng kentang hingga matang dan renyah setelah diiris dengan twist potato slicer.
  • Tusuk sate dari lidi atau bambu dengan pajang paling sedikit 30 cm.
  • Bahan baku berupa kentang dengan ukurang yang sama.
  • Bumbu tabur dengan beragam rasa

Dengan menjalankan usaha ini, perkiraan pendapatan selama sebulan bisa mencapai sekitar 5 juta rupiah bersih. Bila harga sebuah kentang ulir adalah 10 ribu dan dalam sehari paling sedikit Anda bisa menjual sebanyak 30 tusuk atau mendapatkan omzet sebanyak 300 ribu rupiah, maka dalam sebulan atau sekitar 26 hari kerja Anda akan memperoleh penghasilan kotor Rp. 7.800.000,-. Anggaplah penghasilan bersih Anda adalah 50% dari nilai tersebut, maka dalam sebulan Anda bisa mengantongi Rp. 3.900.000,-. Sangat lumayan, bukan? Penghasilan Anda tentu akan bertambah bila penjualan lebih dari prediksi di atas.

Nah, semoga ulasan tentang usaha kentang ulir ini bermanfaat!