Usaha Kentang Tornado; Usaha Kaki Lima yang Sedang Booming

Entah siapa yang pertama kali menciptakannya, kentang yang tadinya berbentuk bulat dan biasanya digoreng dalam bentuk irisan pipih yang tipis atau biasanya dipotong memanjang menjadi steak, kini kentang disajikan dalam bentuk spiral / tornado / ulir. Ya, usaha kentang tornado ini memang tergolong baru. Walau baru, ternyata peminatnya sudah sangat banyak sekali baik peminat yang ingin menjadi pengusaha kentang ulir ini atau peminat sebagai konsumen yang menikmatinya.

Usaha Kentang Tornado Dan Pasarnya

Kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih, kemudian dipotong dengan bentuk spiral atau diulir, ada juga yang menyebut seperti bentuk tornado. Kemudian ditusuk menggunakan tusuk yang terbuat dari bambu. Tentunya, tusuk ini harus panjang karena akan digunakan untuk menusuk kentang dari ujung bawah hingga ujung atas. Disitulah kemudian kentang terlihat berbentuk spiral atau tornado. Kemudian, kentang akan digoreng di penggorengan yang sudah didesain khusus yakni memanjang kebawah.

usaha kentang tornadoUsai digoreng, ditiriskan dan ditaburi dengan berbagai bumbu dan rasa. Pastinya, ada rasa keju, barbeque, balado dan lain sebagainya. Anda sudah bisa menebak jika usaha kentang tornado ini memiliki pasar yang besar dilihat dari bahan bakunya berupa kentang dan pilihan rasa atau bumbunya. Anak-anak hingga orang dewasa adalah pasar dari bisnis yang sedang booming ini. Inilah kenapa, dimanapun dan kapanpun Anda menjalankan bisnis ini, Anda tidak akan kehilangan pembeli.

Biasanya, usaha kentang tornado ini dibuka di tempat strategis seperti depan swalayan, minimarket, alun-alun dan tempat ramai lainnya. Namun, bukan tidak mungkin jika Anda membuka bisnis ini di depan rumah atau di dalam mall, Anda juga bisa meraih untung. Tentunya, dengan memperhatikan beberapa hal seperti biaya sewa tempat. Di luar itu semua, usaha ini memang sangat dimintai pembeli. Banyak yang bahkan menjadi ‘penggila’ atau ‘penggemar’ snack ringan ini.

Tapi, Anda juga perlu tahu bahwa setiap jenis bisnis memiliki berbagai tantangan. Hanya saja, jika Anda benar-benar serius, Anda dapat menangani berbagai tantangan yang ada. Itu karena dari tantangan kemudian Anda akan belajar untuk maju dan sukses. Tantangan pertama adalah modal. Anda harus memiliki modal setidaknya sebesar Rp 3.350.000 untuk paket lengkap atau Rp 2.550.000 untuk paket tanpa meja. Inilah dimana Anda kemudian bisa memulai berbisnis ini dan menjaring pasarnya.

Tantangan kedua adalah menjaring pasar. Tidak mudah memang, tapi jika Anda memilih tempat ramai seperti alun-alun, maka Anda sudah memiliki pasar dan tinggal menunggu mereka datang. Bahkan, Anda bisa memiliki pelanggan setia. Namun, jika Anda ingin usaha kentang tornado ini meroket keuntungannya, Anda memang dituntut untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jangan hanya menjadi pebisnis pasif yang menunggu pembeli, Anda juga bisa menjadi pebisnis aktif yang menghampiri pembeli. Caranya? Apa saja, yang penting kreatif.